Minggu, 24 Agustus 2014

KEEP YOUR EYES !

Leave a Comment


                Mata adalah cerminan sebuah hati manusia . Karena apa ? karena apabila kita bias menahan pandangan kita , maka dia menahan syahwat dan keinginan hati . Sebaliknya , jika kita mengumbar pandangan , maka dia telah mengumbar syahwat hatinya .
                Zina mata adalah pintu pembuka dari zina-zina berikutnya. Seperti zina lidah dengan perkataannya , zina kaki dengan langkah-langkahnya , ataupun zina hati dengan angan-angannya. Kemudian , kemaluan-lah yang akan tampil sebagai sebagai demikian itu jika akhirnya benar-benar akan dilakukan , atau mendustakan jika tidak melaksanakannya.
 ولا تقربوا الزنا
                Pandangan bisa mempengaruhi hati , jika di ulangi lagi , mata akan menikmati yang haram dan akan berpindah ke hati yang sakit. Dan akhirnya , akan melukiskan cinta dan akan menggiring kea rah perbuatan yang haram pula.
                Oke , disini kita akan menjelaskan sedikit manfaat apabila kita dapat menahan pandangan kita dari hal-hal yang diharamkan untuk kita . Manfaat ini , kami ringkas dari penjelasanseorang ulama , syeikh Ibnu Al-Qoyyim Al-Jauziyy . Berikut manfaat-manfaatnya :
1.Membersihkan hati dari derita penyesalan
                “Sesuatu yang peling berbahaya bagi hati adalah mengumbar pandangan”
2.Mendatangkan cahaya dan keceriaan di hati
                “Karena siapa yang menahan pandangannya dari keindahan-keindahan wanita , maka Allah SWT mewariskan kelezatan di dalam hatinya. Yang akan dia dapatkan hingga hari dia bertemu denganNya.”
3.Mendatangkan kekuatan dan firasat yang benar
                “Jika dzahir seseorang mangikuti Sunnah , batinnya merasakan pengawasan Allah SWT , dia menahan pandangan mata dari hal-hal yang diharamkan , mrnahan diri dari syahwat dan memakan yang halal , tentu firasatnya tidak akan meleset.”
4.Membuka pintu dan jalan ilmu serta memudahkan untuk mendapatkan sebab-sebab ilmu
5.Mendatangkan kekuatan hati , keteguhan , dan keberanian
                “Siapa yang menetang hawa nafsunya , maka syetan akan takut padanya”
6.Mendatangkan kegembiraan , kesenangan , dan kenikmatan
                “Orang yang menentang hawa nafsu , tentu kesudahannya adalah kegembiraan , kesengan , dan kenikmatan yang jauh lebih besar dari pada menikmati mengikuti hawa nafsunya”
7.Membebaskan hati dari tawanan syahwat
                “Orang yang menumbar pandangannya , ia adalah orang yang tertawan”
8.Menutup pintu neraka Jahannam
9.menguatkan dan mengokohkan akal
10.Membebaskan hati dari syahwat yang memabukkan dan kelaalian yang melenakkan
                10 hal di atas merupakan kenikmatan-kenikmatan dari Allah SWT yang diberikan kepada orang yang mampu menahan pandangannya dari hal yang haram. Apabila dia mampu menahan pandangannya , maka hatinya akan tenang dan tak terguncang.

النظرة سهم مسموم من سهام ابليس
Pandangan mata itu (laksana) anak panah beracun dari berbagai macam anah panah iblis”
                Kedudukan dalam diri seorang laki-laki ada 3 tempat , yaitu pandangannya , hatinya , serta ingatannya . Sementara padda diri seorang wanita ada 3 tempat pula , yaitu lirikan mata , hatinya serta kelemahannya.
                Oleh karena itu , mari kita jaga pandangan kita dari hal-hal yang diharamkan , kita harus membenci maksiat sebagaimana kita membenci neraka. Apabila kita menikmati maksiat tersebut , bukankah kita sama saja menikmati neraka ?

0 komentar:

Posting Komentar